Kamis, 12 Februari 2015

MASA SMA


Kalau ditanya “hidup apa yang paling mudah?”, mungkin jawaban yang paling mendekati adalah hidup menjadi Nobita karena punya Doraemon, dan hidup di dunia Spongebob yang bahkan untuk bahagia cukup hanya dengan menempelkan rumput laut ke bibir.


Namun hidup ini bukanlah dunia Doraemon ataupun Bikini Bottom. Hidup ini nyata. Tapi tanpa kita sadari, atau mungkin sebenarnya udah sadar cuma nggak terlalu peduliin, bahwa ada satu tempat, lebih tepatnya satu fase kehidupan yang begitu surgawi. Begitu mudahnya kebahagiaan dirasakan pada fase itu.
Ya, fase itu adalah masa sekolah, khususnya, masa SMA.
 


Buat anak-anak yang udah lulus, apalagi lulusnya udah lama banget, udah ngelewatin masa di mana ngelihat.
Facebook  dan Path isinya postingan orang tentang pernikahan atau upload foto anaknya, masa SMA itu ngangenin banget. Kalau kita ingat-ingat lagi, masa SMA itu indah banget ya. Semuanya terasa lebih mudah.
 
Belajarnya
SMA beda banget sama kuliah. Waktu SMA, guru-guru yang ngejar-ngejar kita. Kalau kita nggak ikut ulangan atau ujian, ditanyain kenapa nggak ikut, terus dibujuk buat ikut susulan atau ujian pengganti. Di dunia kuliah, mahasiswa yang harus ngejar-ngejar dosen, karena mahasiswa yang butuh dosen. Dosen nggak mau ambil pusing. Kalau mahasiswa nggak datang, tinggal dikasih penilaian benar-benar sesuai kelakuan aja. Kalau SMA yang males masih di-naik-kelas-in, di kuliah, yang males ditinggalin.
Di kelas, guru yang nyamperin murid-muridnya dari kelas satu ke kelas lain. Muridnya cukup diem, nyiapin alat tulis. Bahkan udah segitu mudahnya pun, masih aja ada yang males. Kalau kuliah mahasiswa yang mesti pindah-pindah kelas ngikutin dosen itu ‘ngetem’-nya di ruangan yang mana.


Waktu SMA, di kelas bisa enak-enak banget mainan handphone pas guru lagi nerangin. Makanya, nggak heran banyak yang pake kerdus (kerudung dusta) ke sekolah cuma buat nyembunyiin earphone yang nyantol di kuping. Sebenernya pas kuliah juga bisa sih kayak gitu, tapi akibatnya mesti ditanggung sendiri. Pas SMA mah enak, nggak pernah merhatiin di kelas juga pas ujian sering dapet contekan. Lah kalau kuliah, ujian akhirnya sidang skripsi. Skripsinya bikin sendiri. Kalau nggak bener bikinnya, abis dibantai pas sidang.

Temennya
Indahnya masa SMA, nongkrongnya bisa sama yang begini. Cukup dengan modal menjadi anak cowok yang ‘lucu’ dan sedikit ‘involve’ di berbagai kegiatan si cewek, bisa jadi temen deketnya sampai punya akses sender-senderan pundak dan tentunya, foto bareng.
Udah kuliah mah boro-boro modusin cewek, yang ada ‘dimodusin’ mulu sama tugas. Nggak abis-abis.
Pas lulus-lulusan, bisa modus coret-coretan deket-deket dia, sampai modus nggak sengaja nyoret logo OSIS-nya.


Waktu SMA juga, untuk nongkrong, khususnya buat yang anak cowok, rasanya nggak pernah sampe ngorogoh kocek sama sekali. Cukup dengan ngumpul di pinggir jalan setelah bel pulang sekolah, itu udah termasuk kategori nongkrong. Literally nongkrong. Jongkok di pinggir jalan, di depan warung. Beberapa ada yang ngerokok, beberapa lainnya ada yang cuma ikut-ikutan ngerokok. Kopinya nggak perlu yang seharga puluhan ribu sampe bikin puasa seminggu lalu harus difoto dan upload fotonya di Path dan Instagram, tapi cukup beli yang di warkop, segelas doang, diminum rame-rame.
Beda halnya dengan waktu SMA. Mungkin semester satu-dua masih bisa kayak gitu. Tapi semester berikutnya, nggak ada yang namanya murni nongkrong, tapi adanya nugas, nugas, dan nugas.

Janji pas mau lulus sekolah “Kalo udah lulus, kita harus tetap ngumpul ya…” seringnya hanyalah wacana belaka.
Makin akhir kuliahnya, atau pas udah lulus, makin susah lagi buat ngumpul. Nggak kelar-kelar. Pas semester susah ngumpul alasannya banyak tugas, semester akhir alasannya karena skripsi dan ada yang sambil kerja juga. Setelah lulus, janji-janji tetap ngumpul tinggallah wacana belaka. Udah lulus makin susah buat ngumpul, alasannya kerja terus, susah liburnya, kuliah bisa cabut tapi kerja nggak. Belum lagi kalau udah ada yang berkeluarga, makin susah. Ujung-ujungnya, sampe tua itu ngumpul nggak jadi-jadi.

Kekerenannya
Bagi anak SMA, keren itu sederhana. Buat yang cewek, cukup dengan pake sepatu putih udah keren banget,

pake rok dan baju yang kekecilan, pake tas anak SD atau tas tante-tante sekalian (pokoknya nggak boleh tas anak sekolah), udah jadi gaul. Jangan lupa rambut belah tengah.
Buat cowok, cukup dengan baju dikeluarin, celana yang nggak boleh gombrong, dan tentu saja bagi sebagian besar kalangan, harus ngerokok. Kayak itu udah berasa keren.
 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar