Kamis, 04 Agustus 2016

PEOPLE COME AND GO

                                                              Sumber: Jarofquotes.com




Sudah hampir sebulan sejak terakhir ngepost tulisan di blog ini. ya biasalah mahasiswa tingkat akhir. sibuk sama revisian dan bimbingannya haha. btw, kali ini gue mau nulis soal apa yang udah gua alami selama 20 tahun gue, soal hal-hal yang harus dateng dan pergi dari kehidupan gue. so... enjoy it.

oke, Banyak kejadian 'datang dan pergi' yang terjadi di hidup ini, mungkin beberapa diantaranya yaitu datang dan perginya cinta baru, datang dan perginya keinginan untuk pindah tempat tinggal, pindah kuliah, datang dan perginya keinginan untuk ambil kursus di bidang yang kita suka, serta datang dan perginya temen lama yang akhirnya jadi temen selamanya…

Well, bukan hidup namanya kalo gak pake slogan "no pain no gain".. Gak akan ada cerita yang seru kalo gak ngelewatin hal-hal yang bikin lupa diri dulu sebelum akhirnya ngangkat tangan trus loncat sambil teriak "HORE!"…

People come, people go, just like the wind blows..

Datang dan perginya orang-orang di hidup kita ini sebenernya memberikan banyak pelajaran, meskipun pada saat kita ngalamin kita pasti susah memaknainya secara positif. Contoh yang paling sering, patah hati. Kita lagi seneng-senengnya suka sama seseorang tau-tau kita dapet kenyataan terburuk yaitu orang yang kita suka gak suka sama kita atau ternyata dia udah punya pacar. Banyak temen kita yang biasanya bakal bilang, "udahlah, gitu doang.. Lupain aja sih.. Cari lagi yang baru, masih banyak kok di dunia ini kan ga cuma dia doang…bla bla bla" dan biasanya kita sebagai korban patah hati sering banget nyautin dengan nada tinggi "YA LO GAK NGERASAIN SAKITNYA SIH! GAENAK TAU!"

Dan mau nggak mau ya... Itulah kenyataannya. Yang patah hati ya patah hati, yang nasehatin ya nasehatin. Gak akan pernah nyampe dan gak nyambung, karena yang lagi patah hati butuhnya pendengar, bukan penasehat ataupun penceramah. Nah yang nasehatin, suka sok tau. Ngoceh panjang lebar dengan niat kasih pencerahan tapi biasanya justru bikin suasana makin kelam. dan ini pernah gue alamin sendiri. daripada kita ini yang sok nasehatin kena semprot amarah dia mending kita ngedengerin aja sambil sesekali nenangin. INGET! jangan pernah sok nasehatin ya!

Datang dan perginya kegalauan kita untuk mengejar sesuatu yang kita impikan juga pasti jadi hal sulit-untuk sebagian orang. Misal, galau karena pengen pindah kuliah atau sekola. Ngerasa tempat yang sekarang gak worth it, lingkungannya ga nyaman lah, dan alesan lainnya. Ngeliat kampus/sekolah diluar sana kayaknya lebih keren, lebih menyenangkan. Yah, gabisa dipungkiri terkadang memang rumput tetangga keliatan lebih ijo. Wajar kalo kita pernah ngerasa kita kurang beruntung karena liat orang lain lebih beruntung.


Begitu pula ketika kita punya orang yang kita anggap "bestfriend", belum tentu dialah orang yang sebenar-benarnya sahabat kita. Banyak orang bilang sahabat itu adalah orang yang selalu ada disaat apapun, kapanpun. Tapi ayodeh coba kita liat lagi orang-orang yang udah bener-bener kita anggap 'sahabat' itu.. Apakah mereka selalu ada disaat apapun dan kapanpun? Atau mereka ada disaat kita seneng aja? Atau mereka justru ilang entah kemana pas kita lagi posisi terpuruk….? Take a closer look, guys… Coba cari mana sahabat yang sesungguhnya diantara semua sahabat kalian.

Terlalu banyak hal yang mungkin udah terjadi di hidup kita tapi begitu banyak juga mungkin kesempatan yang kita lewatin begitu aja untuk memaknai setiap kejadian dengan cara yang positif. Gue juga termasuk salah satunya pasti. Gue sering banget lepas kontrol dan akhirnya marah-marah kalo ngalamin hal yang gak ngenakkin dan gak sesuai harapan gue. Gue gabisa terima kenyataan kalo semua gaberjalan sesuai rencana. Dinasehatin berulang kali sama banyak orang tapi berulang kali juga gue tepis keras-keras nasehat mereka. Ujung-ujungnya apa? Capek..



Iya...  ngerasa capek sendiri karena gak bisa biarin hal yang udah terjadi untuk dibiarin aja berlalu. Capek sendiri karena gak bisa maafin orang-orang yang udah bikin kesel. Capek sendiri karena gak bisa maafin diri sendiri juga dengan terus-terusan ngeluarin kalimat "kok gue payah banget sih jadi orang, kok gue begini amat?? bla bla bla…"

Datang dan perginya orang di hidup kita, datang dan perginya kesempatan di hidup kita, datang dan perginya segala hal di hidup kita, sebenernya pasti membawa cerita dan ada makna tersendiri di dalamnya. Nah.. kita yang bakal nerima itu semua tinggal siap apa gak-nya kita buka mata dan hati buat nerima kenyataan yang ada.

Begitu sih quotes yang gue dapet hari ini… Lumayan banget buat ngademin hati. Kalo kita bisa biarin hal yang kita anggap ngeselin berlalu, kita bisa memaknai quotes itu dengan lebih baik. Jangan coba-coba baca atau bacain quotes itu disaat lo atau temen lo lagi emosi, lo bisa disembur api. Gak akan ada nasehat yang bisa masuk kalo orang yang dinasehatin masih dalam keadaan kesel. Selalu ngaca dulu sebelum nasihatin orang lain. lo harus pikir dulu ketika lo yang ada di posisi kesel bisa ngga lo nerima nasihat dari temen lo.


Dan yang terpenting untuk bisa memaknai kejadian di hidup kita ini, kita emang harus tarik nafas dalem-dalem dan renungin dalam keadaan tenang. kosongkan pikiran dan tentunya kita harus dalam keadaan rileks dan gak singit. Kalo udah enak, baru kita puter ulang kejadian itu di otak kita dan coba cari pelajaran dari situ. Pasti ada deh..Walaupun untuk nyari tau pasti kudu harus banget nginget kejadian pait itu dulu, tapi kita pasti bisa.. Satu-satunya kunci untuk bisa hidup lagi dengan bahagia setelah kesel adalah dengan cara mengingat sebentar kekesalan itu, ambil hikmahnya, trus lupain dan anggap gak pernah ada. Seiring berjalannya waktu, keselnya akan berubah jadi kenangan yang bisa diceritain suatu hari nanti ke anak cucu dan jadi pelajaran berharga juga-gak cuma buat kita tapi juga buat anak cucu…

Akhir kata,

Just let it go…

Meski sulit, kesel, bete, sedih, galau ya lebih baik semuanya itu dilepasin aja.. Biarin semuanya berlalu.. Karena hari terus berganti dan waktu gak bisa dimundurin lagi. Pilihan yang ada cuma maju terus dengan bawa bekel ilmu dan pelajaran dari hari-hari sebelumnya.
Gue gak mencoba berusaha menggurui karena gue juga tipe orang susah melepaskan hal-hal yang gue anggap pait, tapi gimana kalo kita dan gue juga pastinya dan siapapun yang baca tulisan ini, kita nyoba jalan ke depan dan maju sama-sama? Gimana kalo kita nyoba untuk melepaskan kepaitan dan kekeselan kita sama-sama…? Abis itu kita lupain dan jadiin kenangan, sama-sama…. Atau Orang yang habis putus cinta bilang semuanya dengan... MOVE ON!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar